This post is popular. 29 Views

6 Cara Ajaib Menjaga Anak Tetap Tenang Selama Perjalanan

6 Magic Treats to Keep Kids Quiet while Travelling

(6 Cara Ajaib Menjaga Anak Tetap Tenang Selama Perjalanan)

 

Apa Ayah dan Bunda termasuk orang tua yang ahli menenangkan anak yang tidak mau diam selama dalam perjalanan? Atau itu adalah masalah yang Ayah Bunda keluhkan selama ini? Memang bukan hal yang mudah dalam mengalihkan perhatian anak untuk tetap tenang. Perlu usaha dan tenaga ekstra untuk menghadapi mereka. Terlebih dalam usia yang sedang aktif-aktifnya. Berikut beberapa hal-hal sederhana yang dapat Ayah Bunda gunakan sebagai cara menjaga ketenangan anak selama dalam perjalanan.

  1. Bermain Game

Bermain game disini bukan berarti menggunakan media gadget saja. Ayah dan Bunda bisa memanfaatkan benda-benda di sekitar. Contohnya, Ayah dan Bunda sedang dalam perjalanan menggunakan mobil, coba permainan membaca rambu-rambu lalu lintas, menebak benda-benda yang ada di dalam mobil, atau menghitung berapa mobil berwarna merah yang ditemui dijalan. Anak-anak akan senang dengan permainan seperti ini. Apalagi permainan ini akan menambah pengetahuan umum anak.

    2. Cemilan

Cemilan sangatlah penting dalam perjalanan. Anak bisa duduk tenang dengan kesibukkan memakan camilan diselingi dengan menonton video. Terkadang anak menjadi tidak tenang selama dalam perjalanan karena mereka lapar atau haus. Jadi sangatlah penting untuk Ayah dan Bunda membawa beberapa cemilan selama perjalanan. Tapi tetap memilih cemilan secara bijak ya Ayah dan Bunda.

   3.  Membaca Dongeng

Dongeng dapat manarik perhatian serta rasa ingin tahu anak. Fantasy dalam cerita dongeng dapat membuat mereka mengkhayal hingga mereka duduk tenang untuk mendengar cerita. Jadi, Ayah dan Bunda juga perlu mengasah kemampuan dalam berdongeng.

     4. Musik dan Bernyanyi

Anak-anak sangat mencintai kegiatan bernyanyi dan mendengarkan musik. Dengan perpaduan irama dan lirik yang mudah dapat menarik perhatian anak untuk bergoyang dan bernyanyi bersama. Anak dapat mengekspresikan gerak tubuh mereka. Musik dapat mengalihkan kosentrasi anak melalui audiovisual dan visual.

      5. Menonton Kartun

Salah satu tontonan yang dapat menarik perhatian anak yaitu kartun. Anak bisa duduk tenang selama berjam-jam untuk menonton kartun. Terlebih lagi, karakter dalam kartun lucu dan menggemaskan serta warna yang menarik. Ayah Bunda bisa menggunakan cara ini untuk menjaga anak agar tenang selama di perjalanan.

      6. Mainan

Penting untuk Ayah dan Bunda membawa mainan favorit anak untuk menjaga ketenangan mereka selama di perjalanan. Selain mainan favorit, Ayah-Bunda juga bisa menggunakan mainan yang dapat menimbulkan rasa penasaran anak seperti lego, bongkar pasang, dll.

Itulah beberapa tips yang dapat Ayah dan Bunda gunakan selama diperjalan bersama anak untuk menjaga agar mereka tetap tenang. (Gen)

 

English biMBA!!!

Shape your Dream with Fun Learning!

Sumber:

http://www.yeahmag.com/4-ways-to-keep-your-kids-quiet-while-traveling/#1

https://fullsuitcase.com/how-to-keep-children-quiet-in-the-car/

http://lifestyle.howstuffworks.com/family/activities/travel/10-ways-to-keep-kids-quiet-cars-planes5.htm