This post is popular. 30 Views

BAHASA TUBUH DAPAT MENGGAMBARKAN SESUATU

 

Sadarkah kita bahwa tubuh kita juga bisa bicara? Bagaimana bisa? Dengan bahasanya sendiri, yaitu bahasa tubuh. Bahasa tubuh adalah proses komunikasi non verbal yang ditunjukkan dengan sikap dan gerakan. Bahasa tubuh dapat menunjukkan perasaan seseorang yang sesungguhnya dibandingkan saat seseorang berbicara mengungkapkannya. Lalu, apa saja yang bisa ditunjukkan lewat bahasa tubuh? Berbicara merupakan proses komunikasi dalam menyampaikan informasi dan fakta, sedangkan bahasa tubuh selalu menjadi bagian dalam proses tersebut.

Hebatnya, bahasa tubuh dapat menunjukkan bagaimana perasaan, sikap dan emosi seseorang. Meskipun kata yang keluar dari mulut menjelaskan apa yang kita rasakan namun bahasa tubuh bisa menunjukkan hal yang sebenarnya. Bahasa tubuh menggambarkan siapa diri seseorang sebenarnya, sikap, mood dan emosinya, dibandingkan apa yang sebenarnya ingin kita tunjukkan. Contohnya, ketika seseorang menjadi pembicara pada suatu seminar. Saat berbicara di depan orang banyak, dia berdiri dengan tegap. Melakukan eye contact terhadap para pendengar. Saat masuk ke dalam poin-poin penting dia melakukan gerak tangan untuk meyakinkan pendengar. Ini menunjukkan bahwa orang tersebut percaya diri untuk berbicara didepan orang banyak dan menguasai topik yang dibawakan. Berikut beberapa contoh bahasa tubuh yang menunjukkan bahwa seseorang memiliki percaya diri tinggi:

  1. Jabat tangan yang kuat dan erat menunjukkan bahwa seseorang memiliki percaya diri yang tinggi dan nyaman.
  2. Kontak mata akan menggambarkan bahwa seseorang itu terbuka dan jujur.
  3. Menggunkan ekspresi wajah yang sesuai dengan apa yang dikatakan, itu menunjukkan bahwa seseorang percaya diri dan sangat menghargai dirinya sendiri.
  4. Sikap santai dan tegap serta ayunan tangan saat berjalan menunjukkan kepercayaan diri dan perasaan yakin.
  5. Menggunakan gerakan tangan ketika berbicara (menjelaskan suatu hal) menunjukkan percara diri dan dapat meyakinkan seseorang.

Dengan kemampuan visual seseorang dapat menilai apakah pembicaraan yang dibawakan oleh orang lain dapat dipercaya atau tidak. Untuk meyakinkan seseorang dengan apa yang kita sampaikan maka perlu untuk kita menggunakan bahasa tubuh yang tepat. Dengan memahami bagaimana menggunakan bahasa tubuh akan menjadi pengaruh positif untuk menjadi seseorang dengan percaya diri yang tinggi.

Are you ready?

 

(Gen)

 

English biMBA!

Shape Your Dream with Fun Learning

 

Sumber:

International, T. (2011). Gesture: Your Body Speaks. Toastmasters International: Toastmasters International.

Kuhnke, E. (2017). Body Language for Dummies. West Sussex: John Wiley & Sons, Ltd.

https://theartofcharm.com/confidence/confident-body-language-builds-confident-men/

http://www.sixwise.com/newsletters/05/10/19/how-your-body-language-conveys-confidence-intelligence-and-trust–or-a-lack-there-of.htm

https://www.verywell.com/ten-ways-to-have-more-confident-body-language-3024855

http://www.huffingtonpost.com/vanessa-van-edwards/10-ways-body-language-can-help-you-convey-power-at-work_b_7495578.html

Related Posts