This post is popular. 9 Views

English biMBA Forum dengan Tema Fun Interactive Games

Hello English biMBA Learners…

You’re great!

Suasana English biMBA Forum (EbF) yang dilaksanakan pada hari Selasa, 19 September 2017 kali ini membahas tentang “Kreativitas Motivator dengan Fun Interactive Games di Kelas”.

Para peserta sangat bersemangat dan antusias selama pelaksanaan EbF tersebut. Mereka juga mendengarkan dengan seksama setiap materi yang disampaikan oleh para Trainer. Kegiatan sesi tanya jawab diikuti oleh masing-masing peserta dengan baik.

Keistimewaan English biMBA Forum kali ini yaitu dihadiri oleh Bapak Imam Sutrisno selaku kepala pengembangan di biMBA-AIUEO. Bapak Imam memberikan penguatan tentang beberapa hal di English biMBA yaitu “Apa kaitannya English biMBA dengan biMBA-AIUEO” dan juga “Kenapa program S1 lebih di prioritaskan dibanding program S3”.

Materi “Fun Interactive Games” merupakan games tambahan untuk memanfaatkan waktu yang tersisa dalam kegiatan Fun learning di kelas yang berfungsi sebagai penguatan dari Vocabulary yang telah dikenalkan ke anak sebelumnya.  Materi “Fun Interactive Games” ini telah disampaikan oleh Mrs. Vebi Sri Minarni, S.Pd (salah satu trainer) dengan menarik dan menyenangkan sehingga membuat para peserta bersemangat untuk mempraktekan Fun Interactive Games pada sesi selanjutnya.

Fun Interactive Games yaitu permainan interaktif yang dilakukan dengan menyenangkan. Dalam kegiatan ini motivator diwajibkan memberikan Appraisal Words (Kata Pujian) kepada anak-anak pada akhir permainan. Fun Interactive Games yang ada di English biMBA yaitu terdiri dari:

a. Hunting Card

Hunting Card yaitu kegiatan “Memburu Pic Cards”, motivator harus menyusun Pic Cards  dibawah lantai/puzzle terlebih dahulu, selanjutnya motivator bisa memanggil satu anak untuk memburu/mencari Pic Card yang Motivator sudah sebutkan vocabnya. Setelah anak pertama selesai, bisa dilanjutkan ke anak yang lainnya.

 b. Sharing Card

Sharing Card yaitu kegiatan “Berbagi Pic Cards”, Motivator bisa membagikan PIC CARDS nya ke anak untuk dipegang oleh masing-masing anak kemudian motivator meminta anak menyerahkan ke Motivatornya dari vocab yang Motivator sebutkan.

Bisa juga dengan membentuk dua tim lalu motivator menaruh dalam satu timnya, tumpukkan PIC CARDS dan motivator bisa meminta anak-anak dalam satu timnya untuk memberikan PIC CARD dari yang motivator minta. Tim yang bisa menghabiskan PIC CARDS duluan adalah tim yang bisa bekerjasama dalam tim dengan baik

c. Dare Card

Dare Card yaitu kegiatan “Tantangan Pic Cards”, Motivator bisa memberikan tantangan ke anak-anak untuk berani menyebutkan sebanyak-banyaknya vocab dari PIC CARDS yang motivator tunjukkan atau anak-anak sendiri yang pegang sendiri Pic Cards-nya.

 

d. Me and Card

Me and Card yaitu kegiatan “Aku dan Pic Cards”, Motivator bisa memberikan tantangan ke anak-anak untuk berani menyebutkan sebanyak-banyaknya vocab dari Pic Card  dan anak-anak sendiri yang pegang kartunya. Anak-anak diajak berpura-pura untuk menjadi motivator/guru, anak yang ditunjuk atau yang menawarkan dirinya bisa membantu teman-temannya untuk melafalkan vocab ke teman-temannya.

 

e. Live Reading

Ini merupakan kegiatan kelas. Anak-anak menggabungkan bunyi untuk membaca kata. Anak-anak dipilih maju ke depan (yang kita mau/panggil) dengan posisi baca sambil memegang Pic Card-nya. Lalu anak-anak lain (yang tidak dipanggil) mengucapkan per kata lalu menggabungkan bunyi dari kata untuk mebentuk frasa atau kumpulan kata atau kalimat.

 

f. Live Spelling

Permainan ini juga merupakan kegiatan kelas. Anak-anak diminta untuk memilih/mengucapkan bunyi untuk mengeja kata-kata. Motivator atau guru mengeja kata-katanya. Dan ketika kata-katanya diucapkan, anak-anak diminta untuk mendengarkan  dengan seksama dan berbarislah anak-anak yang memegang Pic Cards dari kata-kata yang disebutkan oleh motivator/guru dengan posisi baca.

Catatan: Live Reading dan Live Spelling dilakukan ditahun kedua (Level K-3 dan K-4).

 

Referensi Interactive Games lainnya:

a. Jumping to/Running to Pic Cards

Motivator menyebar Pic Card. Motivator meminta anak-anak untuk lompat/lari ke Pic Cards yang disebutkan untuk bersamaan atau satu demi satu. Posisi berdiri di permainan ini.

 

b. Touching/Tapping Pic Cards

Motivator menyebar Pic Card nya. Lalu meminta anak-anak untuk duduk dengan tenang terlebih dahulu dan motivator memanggil memanggil satu demi satu  dan mengarahkan mereka untuk menyentuh atau menepuk Pic Card yang diminta.

 

c. Showing Pic Cards

Motivator memberikan satu atau lebih dari satu Pic Card dan meminta  masing-masing anak-anak menyembunyikan Pic Cards nya dahulu. Motivator lalu mengarahkan untuk menunjukkan atau mengangkat Pic Card yang motivator sebutkan.

 

d. Whispering Pic Cards

Motivator meminta anak-anak untuk berbaris dan menunjukkan Pic Card pada anak yang terdepan. Dia menyebutkan vocab nya (bisa dibantu motivator belum benar) lalu dia membisikkannya ke anak yang kedua…begitu seterusnya. Dan anak yang berada di barisan terakhir akan ditanya ‘apa katanya’, dan motivator meminta si anak tersebut untuk mengucapkannya dengan lantang. Motivator kemudian menegaskan apa benar vocab yang dimaksud.

 

 e. Simon Says

Setelah mengulang Pic Cards , motivator bisa melakukan permainan ini. Seperti tema ‘My Face’ dan ‘My Body’ contohnya, motivator bisa untuk menyentuh bagian-bagian langsung yang ada di badan kita sendiri. Dengan sambil bilang ‘Simon says….’Touch your nose’, Touch your ears’, dll. Sambil dibuat untuk bercanda untuk mengecek pemahaman mereka sama vocab-vocab nya.

 

 f. Checking Pic Cards

Motivator dan anak-anak bisa bermain bersama, masing-masing peserta memegang satu atau lebih dari Pic Card dan lalu melakukan ‘Hom Pim Pa’. Yang menang akan menyebutkan ‘Clue’ atau petunjuk/ciri-ciri dari Pic Card yang dia pegang atau dapatkan. Yang lainnya menebak, Pic Card yang tertebak akan menjadi miliknya atau skor nya.

 

 g. Ringa ringa Pic Cards

Motivator meminta anak-anak duduk dalam bentuk lingkaran dan memberi masing-masing anak dengan satu (1) Pic Card, motivator meminta anak-anak bernyanyi sambil mengedarkan Pic Card ke teman sebelahnya. Nah ketika nyanyinya distop berarti masing-masing anak otomatis sudah memegang Pic Card yang berbeda dari semula karena sudah beredar. Lalu masing-masing anak menyebutkan masing-masing Pic Cardnya. Lakukan lagi sampai masing-masing anak mengalami perpindahan Pic Cardnya.

 

h. Switching Pic Cards

Dengan duduk berbaris berhadap-hadapan

Motivator bisa memberikan anak-anak lebih dari satu Pic Card lalu anak-anak bisa saling bertukar Pic Card nya ketika si motivator bilang ‘Switch’. Anak-anak pun bertukar Pic Card dan sesuai aba-aba ‘Say’ kemudian anak-anak diminta untuk mengucapkan gambar di Pic Cardnya.

 

i. Tapping Pic Cards

Motivator menyebar atau menata Pic Card dengan gambar menghadap ke atas lalu meminta anak-anak untuk menyentuh Pic Card yang disebutkan.

 

 j. Picking Pic Cards

Motivator bisa meminta masing-masing murid untuk mengambil Pic Card. Masing-masing murid sudah dibilang beberapa vocab dari Pic Card yang mereka harus cari dan ambil. Kegiatan ini mirip dengan Hunting Card cuma game ini bisa dilakukan serentak oleh murid-murid, tidak satu-satu seperti di Hunting Card.

 

Catatan:

  1. Perlu membiasakan instruksi menyebutkan Pic Card yang diminta dalam Bahasa Inggris.
  2. Buatlah permainan yang interaktif jadi bisa melibatkan anak-anak untuk bisa lebih aktif hingga sbisa meningkatkan rasa percaya diri mereka.

 

Di pertengahan Pelatihan Teori, Mrs. Vebi Sri Minarni memberikan penguatan tentang “Kenapa anak-anak harus dikenalkan Fun Interactive Games?” dan juga Miss Fitria Geni, S.Pd. (selaku moderator dan salah satu trainer) juga berkesempatan untuk memberikan pertanyaan-pertanyaan mengenai materi English biMBA yang sudah disampaikan. Para peserta sangat antusias untuk bergantian menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diberikan.

Melalui English biMBA Forum (EbF) ini, Divisi English biMBA berkomitmen kuat untuk memberikan ilmu kepada para Kepala Unit (KU) dan Motivator English biMBA tentang ‘Mahir dalam Penyampaian Fun Worksheet di Kelas’ agar anak tetap bisa FUN LEARNING (menyenangkan) selama berada di kelas English biMBA dan para motivatornya bisa memiliki ‘Variation Skill’ dalam mengolah kelasnya. 

Bersama English biMBA, mari kita tumbuhkan MINAT anak-anak Usia Dini terhadap Bahasa Inggris agar siap menghadapi Era Globalisasi saat ini.

Terimakasih untuk Unit Sukapura, Ki Hajar Dewantara, Agus Salim, Belibis, Pondok Kopi, Citeureup, Sirojudin, Bulak Barat, Tomang, dan Sinbad atas partispasi aktifnya!

Sampai bertemu di English biMBA Forum (EbF) berikutnya!

English biMBA, Shape Your Dream With Fun Learning!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *