This post is popular. 13 Views

English biMBA Forum dengan Tema Fun Worksheet

Hello English biMBA Learners.

You’re great!

Suasana English biMBA Forum (EbF) yang dilaksanakan pada hari Selasa, 8 Agustus 2017 kali ini membahas tentang “Mahir dalam Penyampaian Fun Worksheet di Kelas”.

Para peserta sangat bersemangat dan antusias selama pelaksanaan EbF tersebut. Mereka juga mendengarkan dengan seksama setiap materi yang disampaikan oleh para Trainer. Kegiatan sesi tanya jawab diikuti oleh masing-masing peserta dengan baik.

Materi “Fun Worksheet” yang merupakan Lembar Kreativitas Tematik Anak/LKTA sebagai penguatan dari vocabulary yang telah dikenalkan di tiap temanya disampaikan oleh Mrs. Vebi Sri Minarni, S.Pd (salah satu trainer) dengan menarik dan menyenangkan sehingga membuat para peserta bersemangat untuk mempraktekkan Fun Worksheet pada sesi berikutnya.

Fun Worksheet yang merupakan Lembar Kreativitas Tematik Anak/LKTA ini diberikan pada pertemuan ke-3/ke-4/ke-5 untuk setiap temanya. Kenapa? tujuannya adalah sebagai penguatan jadi digunakan untuk mengulang beberapa kosakata yang telah diberikan pada pertemuan sebelumnya (dari pertemuan 1, 2, 3) dan untuk membuat anak-anak ‘nyaman’ dengan tema saat itu.

Fun Worksheet memiliki  enam (6) macam kegiatan yang mengacu pada Small Step System (dari yang mudah kemudian ke kegiatan yang lebih menantang untuk anak-anak) , yaitu:

  1. Fun Coloring, yaitu jenis kegiatan mewarnai dari vocabulary yang sudah dikenalkan sebelumnya. Menggunakan krayon, pensil warna (ukuran besar/ujungnya berbentuk segitiga).
  2. Fun Decorating, yaitu melengkapi bagian dari suatu gambar yang tidak ada/hilang
  3. Fun Pairing, yaitu kegiatan dimana anak-anak didampingi oleh motivator atau guru untuk praktek mencocokkan atau menghubungkan atau memasangkan gambar dari suatu objek tertentu dengan vocabularynya (tarik garis). Tentu saja, gambar-gambarnya merupakan gambar dari benda-benda atau objek-objek yang berhubungan dengan tema-tema yang sudah diberikan pada level tersebut.
  4. Fun Tracing, yaitu aktivitas ini lebih dikenal dengan istilah ‘Dot To Dot’. Anak-anak menghubungkan garis putus-putus untuk membentuk objek yang utuh.
  5. Fun Maze, yaitu kegiatan dimana anak-anak diminta untuk mencari jejak dan menemukan benda yang disebutkan dalam bahasa Inggris di lembar kreativitas anak.
  6. Fun Writing, yaitu kegiatan yang mengajak anak-anak untuk ‘rewrite’ atau menulis ulang kata-kata, klausa (bagian dari kalimat), juga kalimat dalam Bahasa Inggris. Jadi anak-anak akan familiar dengan penulisan kata-kata sederhana juga bahkan kalimat-kalimat sederhana dalam Bahasa Inggris.

Di pertengahan Pelatihan Teori, Miss Fitria Geni, S.Pd. (selaku moderator dan salah satu trainer) juga berkesempatan untuk memberikan pertanyaan-pertanyaan mengenai materi English biMBA yang sudah disampaikan. Para peserta sangat antusias untuk bergantian menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diberikan.

Melalui English biMBA Forum (EbF) ini, Divisi English biMBA berkomitmen kuat untuk memberikan ilmu kepada para Kepala Unit (KU) dan Motivator English biMBA tentang ‘Mahir dalam Penyampaian Fun Worksheet di Kelas’ agar anak tetap bisa FUN LEARNING (menyenangkan) selama berada di kelas English biMBA dan para motivatornya bisa memiliki ‘Variation Skill’ dalam mengolah kelasnya.

 

Bersama English biMBA, mari kita tumbuhkan MINAT anak-anak Usia Dini terhadap Bahasa Inggris agar siap menghadapi Era Globalisasi saat ini.

Terimakasih untuk Unit Sukapura, Ki Hajar Dewantara, Agus Salim, Belibis, Pondok Kopi, Citeureup, Sirojudin, Bulak Barat, Tomang, dan Sinbad atas partispasi aktifnya!

Sampai bertemu di English biMBA Forum (EbF) berikutnya!

English biMBA, Shape Your Dream With Fun Learning!

 

(Rf)