This post is popular. 26 Views

Kenapa Perlu Belajar Vocabulary Dahulu?

Pic (Freepik.com)

Tahukah Anda kalau dalam mempelajari Bahasa Inggris terdapat empat skill atau ketrampilan yang harus kita kuasai yaitu listening, speaking, reading, dan writing. Kita juga akan bertemu dengan dua komponen penting yang mendukung keempat skill tersebut yaitu vocabulary atau kata dan grammar atau susunan kalimat. Nah, ini semua penting untuk dipelajari dan dikuasi dalam Bahasa Inggris. Pada tahap awal mempelajari Bahasa Inggris, kita akan dikenalkan dengan vocabulary. Mengapa vocabulary diajarkan terlebih dahulu?

Berikut beberapa alasan mengapa vocabulary diperkenalkan terlebih dahulu:

  1. Vocabulary mudah dipahami dan dipelajari oleh anak karena tidak ada aturan-aturan atau rumus yang perlu diketahui anak seperti saat mempelajari grammar.
  2. Vocabulary merupakan pendukung dari keempat skill dan juga grammar.
  • Ketika kita mendengarkan sesuatu dalam Bahasa Inggris dengan kumpulan kosakata yang telah kita pahami maka dengan mudah kita mendapatkan makna dari apa yang kita dengarkan.
  • Begitu juga dengan speaking, ketika kita akan menyampaikan sebuah ide atau sebuah konsep maka kita membutuhkan kumpulan kosakata yang dapat kita pilih untuk menyampaikannya.
  • Dengan kumpulan kosakata yang kita kuasai maka proses dalam membaca akan jadi menyenangkan karena kita telah memahami setiap kata yang digunakan
  • Saat menulis (writing) kita dapat menggunakan kumpulan kosakata tersebut untuk mengarang ide-ide yang kita miliki
  • Dengan penguasaan kosakata yang luar biasa kita akan lebih mudah menggunakan struktur dan fungsi pada grammar
  1. Kebanyakan orang ketika berkunjung keluar negeri membawa kamus untuk membantu mereka berkomunikasi dengan orang lain dibandingkan dengan buku grammar. Ini membuktikan bahwa dengan banyaknya kosakata yang kita punya dapat membantu kita berkomunikasi dengan orang lain.
  2. Pada akhirnya dengan penguasaan vocabulary maka anak dapat menguasai Bahasa Inggris dengan mudah.

Melalui penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa vocabulary merupakan awal untuk mempermudah kita memahami dan mengaplikasikan Bahasa Inggris dalam dunia edukasi maupun komunikasi. Nah, sangat cocok untuk anak yang memasuki masa emas mereka untuk diperkenalkan vocabulary ini agar membantu mereka nantinya dalam menumbuhkan MINAT belajar Bahasa Inggris. Dampak lain adalah anak bisa menguasai skill atau berbagai ketrampilan berbahasa Inggris serta komponen pendukungnya. Selaras bukan dengan objektif penyampaian materi di tahap-tahap awal di English biMBA. Jadi silahkan segera bergabunglah dengan English biMBA untuk putra-putri papa, mama, ayah, bunda demi masa depan mereka guna membentuk generasi penerus yang berwawasan global. (Gen)